• Jumat, 20 Mei 2022

Hati-hati! Ini 5 Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa yang Jarang Diketahui

- Selasa, 13 April 2021 | 11:26 WIB
Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa
Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Jatengpost.com - Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa. Gorengan menjadi salah satu cemilan paling banyak digemari masyarakat Indonesia. Tidak jarang, cemilan berminyak seperti bakwan, gorengan tempe, tahu goreng, pastel, dan lain sebagainya, selalu ada di beberapa acara sebagai hidangan. Gorengan juga menjadi salah satu hidangan yang kerap ada di momen buka puasa. Tidak sedikit yang menjadikan gorengan sebagai cemilan ringan di saat berbuka.

Bahaya makan gorengan saat buka puasa

Namun ternyata, mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa ternyata tidak baik untuk tubuh lho. Berikut beberapa bahaya mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa.

1. Mengganggu Pencernaan

Kata ahli, lemak banyak mengandung minyak yang membuat tubuh sulit mencerna makanan tersebu. Apalagi bila gorengan menjadi makanan pertama yang dimakan saat berbuka. Pasalnya, ketika perut seharian kosong saat berpuasa, perut harus mencerna lemak yang ada pada gorengan.

Baca Juga: Relawan Santri Dukung Ganjar DIY Gelar Sosialisasi Sekaligus Tadarus dan Buka Puasa Bareng di Kulonprogo

Nah, hal inilah yang bisa mengganggu kinerja saluran pencernaan. Pastinya, saluran pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Selain itu, hal ini juga bisa memperlambat tubuh untuk memproses zat gizi yang diperoleh dari makanan lain.

2. Asam Lambung Naik

Pada dasarnya, makan terlalu banyak gorengan ketika berbuka bisa menimbulkan keluhan yang berbeda pada tiap orang. Bila kamu memiliki saluran pencernaan yang sensitif, makanan ini bisa merangsang naiknya asam lambung sehingga menyebabkan heartburn, alias rasa panas atau terbakar di sekitar perut bagian atas.

Enggak cuma itu, banyaknya lemak dan minimnya kandungan serat dalam gorengan juga bisa menyebabkan masalah konstipasi atau sembelit.

Baca Juga: Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasan dan Dalilnya

3. Membuat Tenggorokan Gatal

Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa, terkadang juga bisa membuat tenggorokan terasa gatal. Hal ini karena akrolein (senyawa organik tak jenuh yang paling sederhana) yang terkandung di dalamnya.

Halaman:

Editor: Sekar Ayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X