• Minggu, 23 Januari 2022

Kemenkeu Prediksi Kesepian Massal Indonesia pada Tahun 2045

- Minggu, 12 Desember 2021 | 14:44 WIB
Sri Mulyani Senyum
Sri Mulyani Senyum

Jatengpost.comMenteri Keuangan, Sri Mulyani, menyampaikan adanya kekhawatiran kesepian secara massal akibat kemajuan teknologi yang pesat. Menurutnya, kemajuan teknologi akan memicu masyarakat untuk asing terhadap kenyataan. "Nanti akan muncul dunia virtual, everything so fast, dan ada dunia realitas. Saya khawatir 2045 banyak orang kesepian karena enggak bisa masuk ke dunia dimensi virtual dan left di dunia reality dan dia gak bisa enggage," jelasnya. Hal tersebut ia sampaikan di acara Indonesia Fintech Summit 2021 "Fintech for Faster Economic Recovery" secara virtual, dikutip Minggu (12/12/2021).

Prediksi Kesepian 2045

Mantan Bos Bank Dunia ini menyampaikan adanya indikator kearah tersebut, melihat banyak masyarakat yang telah keluar dari komunitasnya. Kini, masyarakat yang tidak mampu beradaptasi dengan teknologi merasa terasingkan. "Kita harus menganggap ini sebagai kesempatan untuk melakukan perbaikan," tegas Sri Mulyani. Sekarang, kata Sri Mulyani beberapa bank di negara Eropa tidak lagi memberikan pelayanan secara personal. Nasabah bisa menggunakan teknologi yang tersedia. Tidak seperti sebelumnya yang menyediakan teller ataupun customer service.

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sri Mulyani memperkirakan hal yang sama juga akan terjadi di banyak negara lainnya. Termasuk negara berkembang seperti Indonesia. "Nanti ya kalau mau pelayanan secara personal dikenakan biaya yang mahal," ujarnya. Namun baginya, kemajuan digital teknologi bila dimanfaatkan dengan baik, untuk regulasi dan edukasi kepada masyarakat, akan membawa Indonesia sebagai negara maju. Perempuan dengan khas rambut pendeknya tersebut juga menyampaikan penduduk Indonesia pada 2045 kisaran 300 juta orang. Yakni dengan mayoritas kelompok muda yang di bawah 40 tahun. Mereka adalah kelompok produktif dengan mobilitas tinggi karena tinggal di daerah urban. Aktivitas kelompok ini akan mendapat pengaruh dari peranan digital teknologi, baik pendidikan, kesehatan maupun sektor keuangan. Menjadi tugas pemerintah agar keseluruhan itu bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan efek negatif seperti penipuan, pencurian data hingga pencucian uang. "Kita harus menganggap ini sebagai kesempatan untuk melakukan perbaikan," tegas Sri Mulyani. "Saya khawatir 2045 banyak orang kesepian juga. Karena mereka tidak bisa masuk ke dunia 3 dimention virtual world, dia left out di dunia reality dan kemudian dia tidak bisa enggage," ujar Sri Mulyani dalam Indonesia Fintech Summit 2021, Sabtu, 11 Desember 2021. Pemerintah bersama industri harus terus belajar untuk bisa memformulasi kebijakan yang tepat. "Keseimbangannya adalah cukup fleksibel dan dinamis, namun memproteksi yang paling lemah yaitu konsumen dan data mereka," kata Sri Mulyani.

Prediksi Kesepian 2045

 

Editor: Anjas Pangestu

Tags

Terkini

X