• Selasa, 4 Oktober 2022

Design Thinking : Pengertian, Kelebihan, Kelemahan, Cara Penggunaan Yang Tepat Dan Contoh Penerapannya

- Kamis, 28 April 2022 | 14:05 WIB
Design Thinking : Pengertian, Kelebihan, Kelemahan, Cara Penggunaan Yang Tepat Dan Contoh Penerapannya (Pixabay.com)
Design Thinking : Pengertian, Kelebihan, Kelemahan, Cara Penggunaan Yang Tepat Dan Contoh Penerapannya (Pixabay.com)

Design thinking sangat penting karena dapat membantu seseorang membuat keputusan berdasarkan apa yang diinginkan oleh pengguna yang ditargetkan. Bukan hanya dengan mengandalkan keputusan yang didapatkan hanya dari insting.

Apa Itu Design Thinking?

Design thinking sendiri adalah sebuah pendekatan inovasi yang berpusat pada manusia. Hal tersebut didasari pada bagaimana memahami kebutuhan pelanggan, pembuatan prototype yang cepat, dan menghasilkan ide kreatif. Kemudian akan mengubah cara berpikir mengenai bagaimana cara yang tepat untuk mengembangkan suatu produk, layanan, proses maupun organisasi.

Menurut Sampoerna University, design thinking adalah salah satu ideologi dan proses usaha untuk memecahkan masalah kompleks dengan cara yang berpusat pada pelanggan. Tentu saja hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk berfokus pada pencapaian hasil dan solusi praktis.

Itu semua harus mencakup produk maupun layanan yang layak secara teknik dalam artian dapat dikembangkan menjadi produk atau proses fungsional. Kemudian juga harus layak secara ekonomi di mana bisnis mampu menerapkannya. Dan terakhir, diinginkan bagi pengguna atau pelanggan.

Kelebihan Design Thinking

Design thinking sangat bermanfaat bagi semua bidang pekerjaan karena akan membantu memecahkan masalah yang kompleks di lingkungan kerja. Tidak hanya itu namun juga mampu melahirkan ide yang cemerlang dan inovatif.

Pada proses ini juga akan membantu perusahaan jika ingin menciptakan sesuatu yang baru untuk dipasarkan. Sesuatu tersebut bisa dalam bentuk produk maupun jasa. Selain itu, juga bisa memperbaiki sesuatu yang sudah ada dengan menambahkan kualitas dari produk maupun jasa tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Design thinking akan memecahkan masalah serius yang kapan saja bisa terjadi. Contohnya seperti masalah global yaitu perubahan iklim dan kemiskinan. Selain itu juga tantangan yang mempengaruhi hampir semua bisnis seperti perubahan manajemen dan lain sebagainya. 

Kelemahan Design Thinking

Meskipun ada banyak kelebihan dari penggunaan design thinking, namun tetap ada kelemahan di dalamnya. Banyak kritik yang datang dari para praktisi hingga akademisi bisnis. Menurutnya, design thinking sebagai cara perusahaan untuk berinovasi hanya mengedepankan keinginan customer.

Di samping itu, penerapan design thinking dianggap kurang mempertimbangkan jangka panjang dan kurang fokus terhadap pengembangan teknologi. Karena yang menjadi fokus atau inti dari pemecahan masalah ini adalah keinginan customer, sehingga kurang memikirkan implementasi.

Halaman:

Editor: Amin Aulawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASKOPIS Gelar KNKI IV dan Kongres IV di Yogyakarta

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:14 WIB

Apa Itu Kapilaritas Pada Tumbuhan?

Kamis, 28 April 2022 | 14:18 WIB
X