• Selasa, 4 Oktober 2022

Promosi Doktor UIN Suka, Bono Setyo Bahas Kesenjangan Komunikasi dalam Pembelajaran Inklusi

- Jumat, 11 Maret 2022 | 11:01 WIB
Promosi Doktor UIN Suka Bahas Kesenjangan Komunikasi dalam Pembelajaran Inklusi (Instagram/uinsk)
Promosi Doktor UIN Suka Bahas Kesenjangan Komunikasi dalam Pembelajaran Inklusi (Instagram/uinsk)

Jatengpost.comDosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) UIN Sunan Kalijaga, Drs Bono Setyo, M.Si akan mengikuti Promosi Doktor, Kamis, 10 Maret 2022, di Convention Hall UIN Suka.

Bono mengangkat judul disertasi Komunikasi Pembelajaran dalam Pendidikan Inklusi. Di dalam hasil penelitiannya Bono menyebutkan pada implementasi pembelajaran inklusi masih terdapat beberapa hambatan dan kesenjangan komunikasi, baik itu di tingkat kebijakan dengan implementasi di lapangan, maupun kesenjangan komunikasi (communication gap) antara dosen dengan mahasiswa ABK.

“Kesenjangan komunikasi muncul dikarenakan adanya perbedaan persepsi atau penafsiran pesan yang dipengaruhi beberapa faktor. Disamping itu, mind set civitas akademika khususnya para dosen yang belum melek difabel menjadi penghambat utama mahasiswa ABK dalam menyelsaikan studinya,” terang Bono.

Baca Juga: Download Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2022 PDF Lengkap dengan Pembahasannya

Dia mengemukakan kebijakan pendidikan inklusi menjadi sebuah solusi sekaligus permasalahan tersendiri dalam pendidikan bagi penyandang disabilitas atau anak berkebutuhan khusus (ABK).

Di satu sisi, konsep pendidikan inklusi telah menghapuskan label perbedaan yang dimiliki oleh ABK, baik dari aspek fisik maupun psikis, dan telah memberikan hak pendidikan yang sesuai dengan porsinya.

Pendidikan inklusi, jelas dia, juga mampu mengakomodir ABK agar tidak termarginalisasi oleh sistem pendidikan yang ada. Namun, di sisi lain adanya kekurang siapan dari lembaga penyelenggara pendidikan yang menyangkut sarana prasarana maupun aspek system dan proses pembelajarannya telah memunculkan permasalahan-permasalahan baru bagi ABK.

Baca Juga: Download Soal UN Matematika SMP 2022 PDF Lengkap dengan Pembahasannya

Bono menambahkan komunikasi merupakan faktor penting dan penentu dalam proses pembelajaran terutama dalam pendidikan inklusi. Komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran di pendidikan inklusi ini selanjutnya disebut sebagai konsep komunikasi pembelajaran inklusi.

Halaman:

Editor: Amin Aulawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASKOPIS Gelar KNKI IV dan Kongres IV di Yogyakarta

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:14 WIB

Apa Itu Kapilaritas Pada Tumbuhan?

Kamis, 28 April 2022 | 14:18 WIB
X