• Selasa, 16 Agustus 2022

5 Fakta Menarik Eko Yuli Irawan, Anak Tukang Becak yang Raih 4 Medali di Olimpiade

- Minggu, 25 Juli 2021 | 18:34 WIB
Fakta Menarik Eko Yuli Irawan
Fakta Menarik Eko Yuli Irawan

Jatengpost.com - Fakta Menarik Eko Yuli Irawan, Indonesia baru saja kembali mendapatkan medali di kejuaraan Olimpiade Tokyo 2020. Kali ini, medali disumbangkan olej Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi. Perolehan medali Yuli pun menambah daftar panjang prestasi yang diraihnya. Namun, di balik kesuksesan Eko Yuli di cabang angkat besi, ternyata ia memiliki latar belakang menarik. Berikut beberapa fakta Eko Yuli Irawan.

1. Eko Yuli Irawan anak tukang becak

Fakta Menarik Eko Yuli Irawan yang pertama ialah, Eko Yuli Irawan lahir pada 24 Juli 1989. Ia merupakan putra dari pasangan Saman dan Wastiah. Ayah Eko, Saman merupakan seorang tukang becak. Sementara ibunya pedagang sayur kecil-kecilan. Meski lahir dari keluarga sederhana, namun Eko memiliki cita-cita besar mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

2. Menggembala kambing hingga jadi atlet angkat besi

Masa kecil Eko Yuli Irawan dihabiskan dengan menggembala kambing. Ia baru tertarik dengan dunia angkat besi saat berusia 11 tahun. Eko Yuli Irawan kemudian bergabung dengan klub angkat besi Yon Haryono. Dari situ, ia mulai menekuni latihan hingga akhirnya ikut kejuaraan pada 2006 lalu.

3. Karier internasional di usia 17 tahun

Fakta Menarik Eko Yuli Irawan lainnya ialah, Eko Yuli Irawan sudah mengukir prestasi sejak usianya menginjak 17 tahun. Saat itu ia berada di urutan kedelapan kejuaraan dunia cabor angkat besi kelas 56 kg dengan total angkatan 266 kg. Kejuaraan itu digelar di Santo Domingi, Republik Dominika.

4. Raih emas di SEA Games 2007

Fakta Menarik Eko Yuli Irawan selanjutnya ialah, salah satu prestasi membanggakan Eko Yuli Irawan adalah saat ia memperoleh emas di ajang SEA Games 2007. Perolehan itu tidak membuat ia cepat puas hingga akhirnya mengantarkannya di ajang Olimpiade.

5. Raih 4 medali di 4 kali Olimpiade

Perolehan medali di Olimpiade Tokyo 2020 merupakan kali keempat Eko Yuli Irawan berhasil membawa pulang medali di kejuaraan olahraga terbesar di dunia itu. Sebelumnya, ia juga memperoleh medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008, meddali perunggu di Olimpiade London 2012, medali perak di Olimpiade Rio, Brasil 2016, dan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Itu dia beberapa fakta Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi yang baru saja sumbangkan medali untuk Indonesia!

Editor: Nandang

Tags

Terkini

Terpopuler

X