• Kamis, 8 Desember 2022

Peringati Hari Pahlawan 10 November, Ma'ruf Amin Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

- Kamis, 10 November 2022 | 13:30 WIB
ilustrasi ma'ruf amin pimpin upacara
ilustrasi ma'ruf amin pimpin upacara

Jatengpost.comWakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma'ruf Amin dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, memimpin langsung upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (10/11).

Ma'ruf Amin yang hadir didampingi isrinya, Wury Ma'ruf bertindak sebagai inspektur upacara. Diketahui Ma'ruf Amin tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 08.00 Wakti Indonesia Barat (WIB).

Ma'ruf Amin yang mengenakan setelan jas berwarna hitam, peci hitam dan masker kemudian memasuki lapangan upacara. Selain dirinya, terlihat juga dalam upacara tersebut, Menko PMK, Muhadjir Effendi yang turut mendampingi.

Baca Juga: Gelontorkan 12 Miliar dari APBD Pemprov untuk Perbaikan Jalan di Brebes, Ganjar: Jangan Sampai Ada Korupsi

Upacara kemudian dimulai setelah komandan upacara memberikan laporan. Laporan tersebut ditandai dengan penghoratan kepada pahlawan yang dipimpin oleh komandan upacara dengan diikuti sikap hormat senjata.

Peosesi upacara kemudian dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November yang terjadi di Surabaya, pada 1945 silam. Proses tersebut ditandai dengan bunyi sirene selama 60 detik. Lalu, Ma'ruf Amin memimpin proses mengheningkan cipta.

"Untuk para pahlawan kusuma bangsa, mengheningkan cipta dimulai," perintah Ma'ruf Amin pada peserta upacara.

Baca Juga: Viral Riwayat Transaksi Gojek, Begini Cara Mengeceknya!!

Ma'ruf Amin kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Wamenag Zainut Tauhid. Ma'ruf Amin melanjutkan prosesi upacara peringatan Hari Pahlawan dengan melakukan tabur bunga di TMP Kalibata.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X