• Kamis, 8 Desember 2022

Ditargetkan Selesai Sebelum 2024, Isran Noor Sebut Progres Pembangunan IKN Baru Mencapai 15%

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 17:31 WIB
isran noor sebut pembangunan ikn baru 15%
isran noor sebut pembangunan ikn baru 15%

Jatengpost.com - Pembangunan insfrastruktur di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) terlihat terus dikebut untuk mengejar target rampung sebelum 2024. Gubernur Kalimantan Timur, Isran noor menyebut, progres pembangunan tersebut saat ini sudah mencapai 15%. 

Berdasarkan pemantauannya, Isran Noor mengatakan baik yang berada di Kawas Inti Pusat Pemerintah (KIPP) maupun di luar KIPP, semuanya telah mencapai 15 hingga 20%. Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan acara Hari Puncak Sumpah Pemuda saat mendampingi Menpora, Zainudin Amali di Titik Nol, pada Jumat (28/10) kemarin.

"Untuk pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara tetap jalan terus. Berdasarkan pengamatan saya, saat ini progres pembangunan infrastruktur IKN baik yang berada di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) atau pun di luar KIPP telah mencapai 15% hingga 20%," jelas Isran Noor.

Baca Juga: Gubernur Kaltim Isran Noor Menilai Penolakan Pembangunan IKN Tak Berdasar: Menolak dengan Alasan Cetek

Menurutnya, saat ini beberapa proyek strategis telah berjalan. Di antaranya seperti pembangunan jalan tol Balikpapa-IKN, jalan tunnel road di Teluk Balikpapan, pembangunan Bandara VVIP hingga pembangunan hunian untuk para pekerja.

"Kan sekarang yang lagi berjalan itu ada proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-IKN Nusantara, terus ada lagi pembangunan tunnel road di Teluk Balikpapan, serta proyek pembangunan Bandara VVIP," ungkap Gubernur Kaltim itu.

Namun, di antara proyek pembangunan tersebut, menurut Isran Noor hanya pembangunan hunian pekerja IKN yang saat ini telah mulai terlihat bengunannya. Sedangkan untuk proyek lainnya mesih dalam tahap penyiapan lahan.

Baca Juga: Kesal dengan Banyaknya Penolakan Pembangunan IKN dari Berbagai Pihak, Isran Noor: Hati-hati Bisa Pendek Umur

"Tetapi, diantara proyek pembangunan strategis itu, hanya proyek pembangunan hunian untuk pekerja yang saat ini sudah terlihat bentuk bangunannya, sedangkan proyek yang lain masih dalam tahap penyiapan lahan atau land clearing," terang Isran Noor.

 

Isran menambahkan khusus untuk hunian pekerja di IKN Nusantara, nantinya akan dibangun sebanyak 22 tower hunian, yang mampu menampung hingga kapasitas 15.600 orang pekerja.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X