• Kamis, 8 Desember 2022

Lengkap!! ini dia 156 Merk Obat Sirup yang Diizinkan Edar oleh Kemenkes

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 21:38 WIB
i56 merk obat sirup yang dizinkan edar oleh kemenkes
i56 merk obat sirup yang dizinkan edar oleh kemenkes

Jatengpsot.com - Di tengah situasi gawat terkait dengan kasus gangguan ginjal akut yang menyarang (mayoritas) anak-anak di bawah usia lima tahun, Kemenkes mengizinkan sejumlah obat berjenis sirup untuk kembali diresepkan oleh faskes.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan No. SR.01.05/III/3461/2022 tertanggal 18 Oktober 2022. Surat tersebut mengatur tentang Petunjuk Penggunaan Obat Sediaan Cair/ Sirup pada Anak dalam rangka Pencegahan Peningkatan Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA)/(Atypical Progressive Acute Kidney Injury).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Muhammad Syahril memastikan deretan obat tersebut tidak menggunakan Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, Dan/Atau Gliserin/Gliserol, dan aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai.

Baca Juga: Terungkap! ini Alasan Kenapa WhatsApp Down

“Jenis obat yang boleh digunakan sesuai dengan rekomendasi Badan POM,” kata Syahril dikutip dari keterangan tertulis, pada Selasa (25/10).

Menurutnya, Sebanyak 12 merek obat yang mengandung zat aktif asam valporat, sidenafil, dan kloralhidrat dapat digunakan.

"Tentunya pemanfaatannya harus melalui monitoring terapi oleh tenaga kesehatan” ucap Syahril.

Baca Juga: Menilik Eksotisme Sungai Mudal Kulon Progo Yogyakarta, Kesegaran Air Tiada Tara

Apotek dan toko obat dapat menjual bebas atau bebas terbatas kepada masyarakat sebagaimana tercantum dalam lampiran 1 dan lampiran 2 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berikutnya, dalam keterangan resmi itu disebutkan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan harus mengawasi dan mengedukasi masyarakat soal penggunaan obat sirup sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X