• Kamis, 8 Desember 2022

Dipolisikan Anggota DPR Brigitta Lasut, Dosen FH UGM Sebut Materi Standup Mamat Alkatiri Tak Ada Unsur Pidana

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 22:08 WIB
Mamat Alkatiri dilaporkan ke polisi buntut roasting anggota DPR
Mamat Alkatiri dilaporkan ke polisi buntut roasting anggota DPR

Jatengpost.com - Standup Comedyan Asal Kabupaten Fakfak, Mamat Alkatiri disandung kasus pencemaran nama baik yang dilayangkan anggota DPR Brigitta Lasut lantaran tersinggung setelah diroasting dalam acara diskusi di kanal YouTube total politik.

Brigitta menilai materi Standup Mamat Alkatiri dalam format roasting tersebut mengandung unsur bullying dan dianggap mencemarkan nama baiknya. 

Menanggapi hal tersebut, Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM), M Fatahillah Akbar mengatakan, materi yang dibawakan oleh mamat Alkatiri dalam acara tersebut tidak memenuhi unsur pidana.

Baca Juga: Tak Terima Diroasting Comika, Anggota DPR Hillary Lasut Polisikan Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya

Menurutnya, kata umpatan dalam materi standup tersebut tidak diarahkan Mamat Alkatiri pada personal Brigitta, melainkan pada pernyataan yang disampaikan oleh anggota DPR dari Partai NasDem itu. 

"Kata umpatan tersebut terlihat dari video adalah menyerang statement "jangan takut masuk politik". Statement umum yang diserang dengan kata "tai" dan "goblok"," ungkap Akbar, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/10).

Karena Brigitta merasa tersinggung dan melaporkan komika tersebut pada Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik, Akbar kemudian menjelaskan bahwa Mamat Alkatiri hanya memberi penekanan half punchline dalam dunia komedi. 

Baca Juga: Minta Maaf ke Keluarga Brigadir J, Ferdy Sambo: Saya Menyesal Sangat Emosional

"Jadi enggak menyerang persona Hillary Brigitta secara langsung. Kalau dalam komedi mungkin itu penekanan saja biar jadi half punchline," tutur Akbar.

Adapun kata umpatan itu, menurut Akbar masuk dalam penghinaan ringan, tepatnya di Pasal 315 KUHP. Namun kemudia Akbar mengatakan hal tersebut masih belum memenuhi unsur pelanggaran Pasal 315 KUHP tadi. 

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tegas! Ganjar Nyatakan Siap Maju Jadi Capres 2024

Rabu, 19 Oktober 2022 | 18:51 WIB

Terpopuler

X