• Kamis, 8 Desember 2022

Memakan Korban 127 Jiwa, Tragedi Kanjuruhan Jadi Bencana Sepak Bola Ke-2 Terbesar Sedunia Sepanjang Sejarah

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:54 WIB
#prayforkanjuruhan
#prayforkanjuruhan

Jatengpost.com - Laga Derby Jatim yang mempertemukan Arema FC menjamu musuh bebuyutan nya, Persebaya Surabaya menjadi catatan sejarah kelam yang kembali dialimi dunia persepak bolaan tanah air. 

Kembali kita rasakan suasana duka usai pertandingan bertajug Derby Jatim berakhir dengan kericuhan pasca peluit panjang. 

Persebaya Surabaya yang datang sebagai tim tamu, nampak tampil efektif dan lebih mendominasi permainan hingga berhasil unggu lebih dulu dan mencuri 2 angka dari tuan rumah.

Baca Juga: 127 Suporter Aremania Meninggal Dunia, Polda Jatim: Akibat Sesak Napas

Sedangkan sang tuan rumah, Arema FC, terlihat bermain lebih agresif setelah tertinggal 2 angka dari musuh bebuyutan nya hingga berhasil menyamakan kedudukan menjelang peluit panjang babak pertama usai.

Hingga laga panas itu selesai, tidak ada kericuhan di tribun penonton. Sampai pada akhirnya Sho Yamato menentukan kemenangan tim berjuluk Bajol Ijo, suasana tribun Stadion Kanjuruhan mulai tidak kondusif.

Basis Fans Arema FC, Aremania yang tidak menerima kekalahan dari tim tamu, pasca wasit meniupkan peluit panjang kedua, mereka berhamburan ke dalam lapangan hijau mengejar tim. 

Baca Juga: Cuitan Memilukan Suporter Arema Soal Kronologi Kericuhan: Banyak Ibu-ibu, Orangtua, dan Anak Kecil Tak Berdaya

Pihak keamanan yang berjaga nampak memberikan reaksi yang berlebihan. Alih-alih mengamankan sesuai regulasi Fifa terkait keamanan di lapangan, pihak keamanan justru melemparkan gas air mata ke arah kerumunan suporter yang di mana hal tersebut dilarang oleh Fifa. 

Akibat kejadian tersebut, banyak Aremania yang mengalami sesak nafas hingga meninggal di dalam stadion. Dikabarkan sudah mencapai 127 korban jiwa melayang, 34 diantaranya meninggal di dalam stadion, sedangkan korban lainnya meninggal saat mendapat perawatan di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X