• Selasa, 4 Oktober 2022

Breaking News! Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat Dari Kesatuan Polri

- Senin, 19 September 2022 | 21:02 WIB
permohonan banding Ferdy Sambo ditolak
permohonan banding Ferdy Sambo ditolak

Jatengpost - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Babes Polri) menolak banding yang dilayangkan mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo. Banding tersebut ditolak dalam sidang banding etik terkait putusan Pemberhentian Tidak dengan Hormat (PTDH) di Mabes Polri, pada Senin (19/9).

Majelis sidang yang dipimpin oleh Irwasum Polri, Komjen Agung Budi Maryoto menguatkan putusan sidang Kode etik Polri no. NIP/74/VIII/2022 atas nama pelanggar Irjen Ferdy Sambo NRP 73020260.

Sebelumnya, berdasarkan putusan sidang kode etik Polri no. NIP/74/VIII/2022 tertanggal 26 Agustus 2022 yang turut menghadirkan 15 saksi, memutuskan memecat Irjen Sambo dari institusi Polri. Atas keputusan tersebut, kemudian Sambo mengajukan banding.

Baca Juga: Pembelian BBM Subdisi Pertalite Mulai Dibatasi, Siapa Saja Yang Boleh Menggunakan?

Menurut Komjen Agung, putusan banding ini bersifat final dan mengikat, artinya Ferdy Sambo secara resmi tetap dipecat dengan tidak hormat dari kesatuan Polri. Komjen Agung mengatakan, Komisi banding menjatuhkan sanksi etika yang menyatakan perilaku pelanggar sebagai perbuatan tercela dan sanksi etika berupa PTDH sebagai anggota Polri

"Komisi banding menjatuhkan sanksi etika berupa perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela dan sanksi administratif berupa PTDH sebagai anggota Polri," ucapnya.

Ferdy Sambo merupakan otak dari kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Ferdy bersama tersangka lainnya yakni istriya, Putri Candrawati, Kuat Ma'ruf, Bharada Elizer dan Bripka Ricky melakukan kejahatan sadis tersebut di rumah dinasnya, pada Jumat (8/7) lalu.

Baca Juga: Anies Nyatakan Siap Maju Pilpres 2024, Beberapa Parpol Antusias Sambut untuk Mencalonkan

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X