• Selasa, 4 Oktober 2022

BBM Naik, Puluhan Ribu Buruh Akan Gelar Unjuk Rasa di 33 Provinsi

- Sabtu, 3 September 2022 | 21:46 WIB

Jatengpost.com - Merespon kenaikan harga BBM, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi demonstrasi pada Selasa (6/9) mendatang. 

Puluhan ribu buruh diklaim akan melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di 33 provinsi. Presiden KSPI, Said Aqil menyebutkan titik pusat demo berada di depan gedung DPR-RI Jakarta. 

Menurutnya, dalam keterangan resmi KSPI akan meminta pimpinan DPR memanggil Menteri keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Menteri ESDM Arifin Tasrif utnuk membahas kenaikan harga BBM.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Jokowi Resmi Umumkan kenaikan Harga BBM Subsidi

"DPR RI harus berani membentuk pansus atau panja BBM," terang Said, pada Sabtu (3/9).

Jika aksi pada 6 September mendatang tidak didengar oleh pemerintah dan DPR, Said mengatakan KSPI mengancam akan membawa massa labih banyak lagi untuk mrngadakan aksi lebih lanjut dengan mengusung isu lebih luas.

"Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, maka KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10 persen sampai 13 persen," jelas Said.

Baca Juga: Komnas HAM Kembali Hidupkan Isu Pelecehan Seksual Brigadir J, Pengacara Keluarga : Polisi Dintervensi

Said juga menyesalkan daya beli buruh saat ini turun hingga 30%. Maka dengan adanya kenaikan harga BBM daya beli akan semakin merosot. Sedangkan di sisi lain dalam tiga tahun terakhir upah buruh tidak ada kenaikan.

"Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, maka KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10 persen sampai 13 persen," ungkapnya lagi.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X