• Jumat, 30 September 2022

Cegah Omicron Varian BA.4 dan BA.5, Jokowi Minta Permudah Akses Masyarakat Dapatkan Vaksin Booster

- Senin, 13 Juni 2022 | 18:34 WIB
Cegah Omicron Varian BA.4 dan BA.5, Jokowi Minta Permudah Akses Masyarakat Dapatkan Vaksin Bosster
Cegah Omicron Varian BA.4 dan BA.5, Jokowi Minta Permudah Akses Masyarakat Dapatkan Vaksin Bosster

Jatengpost.com Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan vaksin Booster.

Arahan tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi itu usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (13/6). Jokowi meminta akses Vaksin Booster dipermudah kepada masyarakat mengingat telah muncul varian baru Omicron BA.4 dan BA.5.

Budi Gunadi menyampaikan, dengan mendapat vaksin booster maka daya tahan tubuh dan imunitas masyarakat dapat bertambah sekitar enam bulan ke depan. Menurutnya, Presiden meminta setiap acara-acara besar diwajibkan menggunakan booster, sehingga memastikan peserta yang mengikuti acara tersebut relative aman.

Baca Juga: Lengkap! Begini Aturan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas COVID-19

“Bapak Presiden juga beri arahan agar booster ini lebih mudah diterima. Setiap acara-acara besar kalau bisa diwajibkan menggunakan booster, sehingga bisa memastikan teman-teman yang mengikuti acara besar itu relatif aman,” ungkapnya.

 Jika hal tersebut dapa dijaga, Gunadi menyampaikan maka Indonesia kemungkinan menjadi negara pertama yang tidak mengalami lonjakan kasus selama 12 bulan.

"Dengan booster ini, daya tahan imun masyarakat akan bertahan enam bulan lagi sampai Februari-Maret tahun depan. Jika itu bisa kita jaga, maka Indonesia mungkin bisa jadi satu negara yang pertama dalam 12 bulan tidak mengalami lonjakan kasus, karena biasanya setiap enam bulan kan lonjakan kasus itu terjadi," ujar Budi.

Baca Juga: Jokowi Izinkan Masyarakat Mudik Lebaran dengan Syarat Sudah Vaksin Booster

Gunadi berharap tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 menjelang hari raya Idhul Adha pada awal Juli 2022 dan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 karena masyarakat sudah terlindungi vaksin booster.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X