• Selasa, 28 Juni 2022

Jasad Eril Ditemukan, Pernyataan Resmi Keluarga: Alhamdulillah, Terimakasih Semua Pihak atas Bantuan dan Doa

- Kamis, 9 Juni 2022 | 22:33 WIB
ELpi mewakili keluarga menyampaikan penyataan melalui konferensi pers virtual
ELpi mewakili keluarga menyampaikan penyataan melalui konferensi pers virtual

Jatengpost.comPencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril yang hilang terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss sejak Kamis (2/6) akhirnya menemukan titik terang. Eril ditemukan dengan keadaan tak bernyawa di dalam air Bendungan Angehalde, Bern pada Rabu (8/6) pagi waktu setempat.

Kabar penemuan jasad Eril itu disampaikan langsung oleh Duta Besar (Dubes) RI di Bern kepada keluarga. Pihak keluarga sendiri langsung mengumumkan kabar tersebut melalui konferensi pers secara virtual pada Kamis (9/6) diwakili oleh adik bungsu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman.

Baca Juga: Eril baru Ditemukan, Pengadilan Swiss Putuskan Penyerahan Jenazah pada Keluarga

Berikut pernyataan lengkapnya:

Segala puji bagi Allah yang menciptakan mati dan hidup yang dengannya itu menguji kita siapakah yang paling baik dalam melakukan amal. Segala puji bagi Allah yang telah mempertemukan Yusuf kepada Yaqub yang juga menyelamatkan Yunus dari kegelapan air ke daratan dan juga mempertemukan Ismail dengan Ibrahim dan juga Hawa kepada Adam.

Tak lupa salawat serta salam kami sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah bersabda bahwa di antara yang syahid salah satunya adalah orang yang tenggelam.

Izinkan saya Elpi Nazmuzzaman selaku paman dari almarhum Emmeril Mumtadz Kahn, adinda Eril, saya juga mewakili atas nama Bapak Ridwan Kamil atau Kang Emil dan juga keluarga besar yang ada di Indonesia, maupun sebagian yang ada di Swiss, kami ingin menyampaikan bahwa pada hari Senin tanggal 6 kami telah menyerahkan urusan pencarian untuk dikoordinasikan penuh kepada KBRI.

Baca Juga: Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Tiba di Indonesia Hari Minggu dan Dimakamkan Senin

Pada hari ini alhamdulillah pihak KBRI menyampaikan informasi bahwa upaya pencarian telah bertemu kepada takdir yang diharapkan yaitu semoga pertemuan kami dengan Eril dalam keadaan yang Allah ridai.

Selanjutnya selaku keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku muslim, di antaranya apabila dia wafat maka hendaklah dia diantarkan, disucikan, dikafani, disalatkan dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya

Untuk waktu kami belum bisa memastikan pasti kapan akan tiba di Indonesia. Tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat-cepatnya, sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi situasi sumber daya yang mendukung. Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad.

Baca Juga: 7 Fakta Penting Ditemukannya Jenazah Eril, Baru Muncul Setelah Dua Minggu Hilang

Terakhir kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada kepolisian Bern, kepolisian maritim Bern, pemerintahan kota Bern, pemerintahan federal swiss, juga kepada KBRI yang tidak henti-hentinya melaksanakan fungsi perlindungan warga negara Indonesia. Bahkan yang kami rasakan be on call duty (selalu sigap), tidak sekadar melaksanakan fungsinya jauh lebih dari itu. Sehingga kami merasa tidak sendirian dan negara hadir melindungi warga negara Indonesia di manapun.

Juga kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang kami sulit sebutkan namanya satu per satu, di antaranya ada beberapa rekan sejawat Kang Emil yang berada di Eropa turut membantu pencarian dari Jerman dan juga dari diaspora yang ada di Swiss. Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri atas arahannya sehingga kami bisa sampai ke momen ini.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan sejauh ini agar kami bisa selanjutnya melakukan proses penyempurnaan Eril selaku muslim. Terima kasih banyak, Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatu.

Baca Juga: Breaking News! Jenazah Eril Ditemukan di Cekungan Bendungan Engehalde

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X