• Senin, 5 Desember 2022

Dinilai Bertentangan dengan Ideologi Pancasila, Polda Metro Jaya Tangkap Pimpinan Khilafatul Muslimin

- Rabu, 8 Juni 2022 | 15:57 WIB
Abdul Qadir Baraja, Pimpinan Khilafatul Muslimin
Abdul Qadir Baraja, Pimpinan Khilafatul Muslimin

Jatengpost.com Polda Metro Jaya telah mangamankan Abdul Qadir Baraja, pimpinan tertinggi sekaligus pendiri dari organisasi Khilafatul Muslimin pada Selasa (7/6) pagi usai shalat Subuh kemarin.

Penangkapan tersebut merupakan buntut dari aksi konvoi sekelompok yang mengatasnamakan Khilafatul Muslimin dengan mengibarkan spanduk besar bertuliskan kebangkitan Khilafah dan bendera bertuliskan aksara Arab pada Minggu (29/5) di Cawang, Jakarta Timur.

Abdul Qadir diamankan usai melaksanakan shalat Shubuh di Masjid dekat kediamannya, masih sekitar Kantor Khilafatul Muslimin di Jalan WR Supratman, Bumiwaras, Telukbetung, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Baca Juga: Kolonel Priyanto Divonis Penjara Seumur Hidup, Ibunda Salsabila: Berharap Itikad Baik Keluarga Pelaku

Setelah melakukan penangkapan dan penggeledahan di Organisasi tersebut, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers di Mapolresta Bandar Lampung dan turut dihadiri oleh Forkopimda Kota Bandar Lampung, diantaranya Walikota, Dandim, Kapolresta dan Ulama.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan, Abdul Qadir merupakan mantan narapidana kasus terorisme (Napiter). Hengki mengatakan yang bersangkutan adalah seorang residivis dan pernah menjalani hukuman pidana penjara sebanyak dua kali yakni 3 tahun dan 13 tahun atas kejahatan terorisme.

"Jadi yang diamankan dalam kegiatan kami kali ini atau pagi tadi, yakni atas nama Abdul Qadir Hasan Braja. Dia (Abdul Qadir) yang diamankan ini, mantan napi terorisme yang sudah dua kali ditahan sebelumnya yakni 3 tahun dan 13 tahun," ungkapnya saat konferensi pers di Mapolresta Bandar Lampung, Selasa (7/6).

Baca Juga: Update Kasus Pembuangan Mayat Dua Sejoli, Kolonel Priyanto Dipecat TNI dan Hukuman Penjara Seumur Hidup

Hengki memastikan ideologi yang dianut oleh Khilafatul Muslimin bertentangan dengan Pancasila. Khilafatul Muslimin menawarkan system Khilafah untuk menggantikan ideologi Pancasila. Menurutnya, kelompok tersebut menyebarkan ideologi Khilafah melalui video ceramah di kanal Youtube hingga bulletin serta pamphlet.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X