• Selasa, 28 Juni 2022

Wabah PMK Semakin Menyebar, 106 Hewan Ternah di Aceh Barat Diduga Terpapar

- Jumat, 27 Mei 2022 | 08:18 WIB
ilunstrasi hewan ternak sapi terjangkit PMK
ilunstrasi hewan ternak sapi terjangkit PMK

Jatengpost.comRatusan ekor sapi di Kabupaten Aceh Barat milik masyarakat setempat terindikasi terserang wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat mengungkapkan ada 106 ekor sapi terjangkit penyakit tersebut. Safrizal Kepala Bidang Peternakan mengatakan penyakit tersebut saat ini diduga telah menyerang dua desa, yakni Desa Arongan dan Suak Keumude, Kecamatan Arongan Lambalek.

"Untuk saat ini ada sekitar 106 ekor ternak sapi di Aceh Barat yang terindikasi terkena penyakit," ugnkapnya pada Media, Kamis (26/5).

Baca Juga: Banjir Rob Air Laut selama Tiga Hari, Walhi Jateng Desak Pemerintah Hentikan Pembangunan Bersifat Eksploitatif

Untuk memastikan dugaan indikasi tersebut Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Barat memanggil petugas Balai Veteriner dari Meda, Sumatra Barat guna mengambil sampel pada ternak seperti tanah sekitar kandang dan air liur ternak.

Petugas juga memberikan imbauan kepada peternak agar memberikan informasi secara lengkap mengenai ternak mereka masing-masing sehingga memudahkan pemeriksaan yang dilakukan petugas.

Rizal Eko Kurniawan salah satu petugas kesehatan hewan dari veteriner Medan, Sumatra Utara mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kemungkinan penyebaran jangkitan wabah PMK di daerah tersebut.

Baca Juga: Merasa Namanya Tercemar, Petinggi Partai Demokrat Benny K Harman Laporkan Balik Pihak Restoran

Untuk mengetahui jumlah pasti hewan yang terjangkit penyakit PMK dan upaya penceghan, pengambilan sampel pada ternak di aceh Barat, menurut Rizal akan terus di lakukan hingga beberapa hari ke depan.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X