• Selasa, 4 Oktober 2022

Jateng Alami Banjir Rob, Politikus PDIP Minta Ganjar Serius Tangani Bencana

- Rabu, 25 Mei 2022 | 18:13 WIB
ilustrasi banjir air rob di Pekolangan, Jawa Tengah
ilustrasi banjir air rob di Pekolangan, Jawa Tengah

Jatengpost.comBaru-baru ini beberapa wilayah di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) terbenam banjir air rob dari laut. Bahkan di sejumlah titilk wilayah jawa tengah air rob mencapai ketinggian dua meter.

Melihat fenomena tahunan yang tak kunjung selesai tersebut, Politikus PDIP Hendrawan Supratikno merasa gerah. Hendrawan mengingatkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng ) Ganjar Pranowo dan beberapa kepala daerah lain di sepanjang jalur Pantura untuki serius tangani bencana tersebut.

Menurutnya, setiap kepala daerah yang meliputi Jalur Pantura seharusnya memiliki program kerja mitigasi bencana banjir air rob yang terkoordinasi dengan baik, mengingat bencana tersebut terjadi setiap tahun.

Baca Juga: Kopertais Wilayah X Jateng Dorong Kegiatan dalam Peningkatan Kompetensi Dosen

"Untuk kepala daerah di seluruh Pantura, program kerja untuk memitigasi hal tersebut harus dilaksanakan dan terkoordinasi dengan baik," ungkapnya pada Wartawan, Rabu (25/5).

Hendrawan berpendapat bencana tersebut merupakan efek dari perubahan iklim yang sangat nyata. Sehingga menyebabkan beberapa wilayah di sepanjang Jalur Pantura mengalami pengikisan tanah, dan abrasi membuat wilayah tersebut rawan mengalami banjir rob.

Menilai bencana tersebut sangat sering terjadi, selain pada Ganjar dan beberapa kepala daerah, Hermawan juga mendesak Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera membuat perencanaan yang menyeluruh di sepanjang jalur Pantura.

Baca Juga: Banjir Rob Setinggi Hampir 1 Meter Terjang Semarang. Warga Butuh Dapur Umum

"Menteri PUPR harus membuat perencanaan menyeluruh terpadu lintas wilayah," terangnya.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X