• Jumat, 20 Mei 2022

Muncul Seruan Demo Besar-besaran 11 April, Polda Metro Jaya Imbau Masyarakat Jangan Ikuti Ajakan Tersebut!

- Sabtu, 9 April 2022 | 11:21 WIB
Muncul Seruan Demo Besar-besaran 11 April, Polda Metro Jaya Imbau Masyarakat Jangan Ikuti Ajakan Tersebut! (Instagram/endrazulpan)
Muncul Seruan Demo Besar-besaran 11 April, Polda Metro Jaya Imbau Masyarakat Jangan Ikuti Ajakan Tersebut! (Instagram/endrazulpan)

Jatengpost.comMeski isu bakal adanya demo besar-besaran pada 11 April 2022 sudah menjadi perbincangan hangat di media sosial, polisi mengaku belum mendapatkan permohonan izin atas aksi tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di Jakarta, Jumat (8/4) kemarin.

Menurut Zulpan, pihaknya belum menerima izin adanya aksi demonstrasi di tanggal 11 April yang rencananya digelar di depan Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Tegas! Jokowi Tolak Wacana Penundaan Pemilu Maupun Perpanjang Masa Jabatan Presiden

"Sampai saat ini, Polda Metro Jaya belum menerima permohonan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum oleh kelompok manapun," ujar Zulpan, dikutip dari Antara.

Menuru Zulpan, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomo 9 Tahun 1996 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, prosedur melakukan demonstrasi ialah harus adanya laporan perizinan kepada pihak berwajib, selambat-lambatnya 3 x 24 jam sebelum aksi digelar.

Jika pada pelaksanaan demonstrasi tidak memiliki izin, maka pihak kepolisian bisa melakukan pembubaran.

Baca Juga: Hotman Paris Dilaporkan FBI atas Dugaan Kasus Asusila

"Perlu saya sampaikan juga, kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum yang tanpa memiliki dasar pemberitahuan di kepolisian sesuai dengan undang-undang yang berlaku, ini dapat dibubarkan oleh aparat," lanjut Zulpan.

Halaman:

Editor: Amin Aulawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Tak Akan Biarkan Minyak Goreng Langka

Jumat, 29 April 2022 | 09:36 WIB
X