• Selasa, 28 Juni 2022

Soal Minyak Goreng Langka, Ganjar Pranowo: Sebagai Gubernur Saya Ikut Malu

- Rabu, 23 Maret 2022 | 19:44 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Jatengpost.comGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku prihatin atas kelangkaan minyak goreng di berbagai daerah beberapa waktu belakangan.

Menurut Ganjar, kelangkaan minyak goreng merupakan kejadian tak lazim yang terjadi di Indonesia, mengingat Indonesia dikenal kaya akan sawit.

"Kita ini produsen sawit terbesar, produsen minyak goreng terbesar, dan kita seperti tikus mati di lumbung padi. Mohon maaf kalau kalimat saya kurang berkenan, karena kita kebingungan di daerah karena semua produksi dan kebijakannya ada di pusat,” ujar Ganjar, saat bertemu perwakilan Kementerian Perdagangan di forum High Level Meeting (HLM) dengan tema “Mitigasi Risiko Tekanan Harga dan Pasokan Komoditsa Global terhadap Inflasi Jawa Tengah” di Gumaya Tower Hotel, Selasa (23/3).

Baca Juga: Temui Pendemo dari Mahasiswa dan Warga Wadas, Ganjar Pranowo: Terima Kasih Kawan-kawan!

Lebih lanjut, menurut Ganjar pemerintah seharusnya malu dengan kondisi demikian. Bahkan, Ganjar mengaku turut menanggung malu akibat kelangkaan minyak goreng selama ini.

"Mohon maaf, Pak, rasanya saya sebagai gubernur saja ikut malu. Maaf sekali lagi ini harus saya sampaikan, karena mungkin suara saya mewakili banyak orang," katanya.

Ganjar juga mengkritik kebijakan pemerintah mengenai penyesuaian harga dan subsidi minyak goreng. Menurutnya, kebijakan tersebut tidaklah tepat.

Baca Juga: Semakin Meluas, Kini Giliran Mahasantri Kalteng Deklarasi Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Ganjar menyarankan, agar pemerintah pusat mengendalikan Domestic Market Obligation (DMO) sebesar 20 persen.

Halaman:

Editor: Amin Aulawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X