• Kamis, 8 Desember 2022

Menag Terbitkan Aturan Penggunaan Speaker Masjid Demi Tingkatkan Ketenteraman

- Senin, 21 Februari 2022 | 22:24 WIB
Menag Siap Dukung Borobudur Jadi Sentral Rumah Ibadah Umat Buddha Sedunia
Menag Siap Dukung Borobudur Jadi Sentral Rumah Ibadah Umat Buddha Sedunia

Jatengpost.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi menerbitkan surat edaran tentang aturan penggunaan pengeras suara masjid dan musala.

Aturan tersebut sebagaimana termaktub dalam Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

“Pedoman diterbitkan sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dikutip Jatengpost.com dari laman resmi Kemenag, Senin (21/2/2022).

Baca Juga: Pagelaran Wayang di Gus Miftah Tunjukkan Aksi Pukuli Sosok Mirip Khalid Basalamah, Fadli Zon: Puas?

Ia menambahkan, surat edaran yang terbit 18 Februari 2022 tersebut ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota, Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Dewan Masjid Indonesia, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam, dan Takmir/Pengurus Masjid dan Musala di seluruh Indonesia.

Sebagai tembusan, edaran ini juga ditujukan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia.

“Pedoman ini agar menjadi pedoman dalam penggunaan pengeras suara di masjid dan musala bagi pengelola (takmir) masjid dan musala dan pihak terkait lainnya,” sambungnya.

Baca Juga: Geger Wanita Meninggal Dunia dan Dikubur, Hidup Lagi 5 Jam, Lalu Meninggal Lagi

Adapun pedoman lengkap berdasarkan Surat Edaran Menag tentang Penggunaan Pengeras Suara (TOA) di Masjid dan Musala adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Hadi Mulyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X