• Kamis, 8 Desember 2022

Polemik Wayang, Gus Baha: Sunan Giri Haramkan Wayang

- Jumat, 18 Februari 2022 | 21:38 WIB
Tokoh muda Nahdlatul Ulama, KH Ahmad Bahaudin, alias Gus Baha, menanggapi polemik wayang haram. (jatengprov.go.id)
Tokoh muda Nahdlatul Ulama, KH Ahmad Bahaudin, alias Gus Baha, menanggapi polemik wayang haram. (jatengprov.go.id)

Jatengpost.comStatmen ustaz Khalid Basalamah soal Wayang untuk di musnahkan menuai banyak polemik. Gus Baha, tokoh muda Nahdlatul Ulama, alias KH Ahmad Bahauddin, memiliki cara pandang tersendiri.

Bagi Gus Baha di era walisongo permalasalahan wayang sempat diperdebatkan. Karena Sunan Giri mengharamkan pemakaian wayang selaku media dakwah yang dicoba Sunan Kalijaga.

"Sunan Kalijaga saking inginnya berdakwah hingga membuat wayang Thengul, itu wayang berupa orang. Sunan Giri tidak terima, haram hukumnya membuat arca," ucap Gus Baha semacam dilansir dari ungggahan video di akun twitter@UmarHasibuan777.

"Jika membuat arca nanti di akhirat disuruh berikan nyawa. Sunan Kalijaga agak tidak tau hukum, sebab mantan bandit jadi wali," sambungnya.

Baca Juga: Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah Soal Wayang Haram, Tidak Bermaksud Menghapuskan Budaya Nusantara

Lebih lanjut, Gus Baha menerangkan perdebatan hukum wayang antara Sunan Giri serta Sunan Kalijaga kesimpulannya ditengahi oleh Sunan Kudus.

"Kesimpulannya permasalahan wayang ditengah- tengahi oleh Sunan Kudus yang lebih alim. Wayang itu dipeokkan, kemudian jadi wayang kulit. Sebab wayang thengul itu berupa arca," jelasnya.

"Jadi dari dahulu itu telah terdapat, hukum fikih yang diakalin. Makanya aku pintar mengakali hukum fikih," tandasnya.

Sontak saja unggaham Gus Umar ini langsung dibanjiri pendapat warganet. Tidak sedikit dari mereka yang membagikan macam asumsi.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X