• Senin, 5 Desember 2022

Jadi Pemimpin Asia Pertama yang Kunjungi Ukraina - Rusia, Media Asing Sebut Jokowi Sebagai Juru Damai Dunia

- Kamis, 30 Juni 2022 | 11:15 WIB
Pertemuan Jokowi dan Presiden Ukraina  Volodymyr Zelenskyy (Instagram/jokowi)
Pertemuan Jokowi dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Instagram/jokowi)

Jatengpost.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina dan Rusia di tengah peperangan kedua negara tersebut.

Kunjungan Jokowi untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zeleskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin membawa misi perdamaian untuk kedua negara.

Keputusan berani Jokowi datang ke Ukraina dan Rusia pun tidak lupt dari sorotan media luar negeri. Dikutip dari TVpworld, Jokowi mengunjungi Kyiv dan Moskov untuk mendesak kedua pemimpin negara tersebut agar may menyetujui perjanjian genjatan senjata.

Baca Juga: Cegah Omicron Varian BA.4 dan BA.5, Jokowi Minta Permudah Akses Masyarakat Dapatkan Vaksin Booster

TVpworld pun menyebut, Jokowi sebagai 'merpati perdamaian dunia' yang mencoba menepis kegagalan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang gagal mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

"Perang harus dihentikan dan rantai pasokan pangan global perlu diaktifkan kembali," kata Jokowi, sebelum meninggalkan Jakarta untuk menghadiri pertemuan dengan para pemimpin Kelompok Tujuh (G7) di Jerman seperti dikutip TVpworld.

Baca Juga: Surya Paloh Temui Jokowi di Istana Merdeka, Johnny G Plate: Nasdem Tetap Solid kepada Pemerintah

Jokowi sendiri menjadi salah satu dari enam pemimpin dunia yang dimandati PBB sebagai anggota Global Response Group (GCRG) yang bertugas mencegah kelaparan akibat perang Ukraina dan Rusia.

Editor: Amin Aulawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X