• Kamis, 8 Desember 2022

5 Fakta Penting Sungai Aare, Tempat Eril Terseret Arus Hingga Menghilang

- Jumat, 27 Mei 2022 | 22:31 WIB
Sungai Aare, lokasi hilangnya Eril putra sulung Ridwan Kamil
Sungai Aare, lokasi hilangnya Eril putra sulung Ridwan Kamil

 

Jatengpost.comEmmeril Khan Mumtaz, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terseret arus sungai Aare di Bern Swiss. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (26/5) siang waktu setempat. Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat yang saat itu sedang melakukan agenda pemerintahan langsung bertolak ke Swiss dari Inggris.

Menurut laporan keluarga yang disampaikan secara tertulis, Eril bersama adik dan satu temannya berenang di Sungai Aare ketika cuaca sedang cerah. Saat akan naik kepermukaan, Eril terseret arus yang sungai yang deras sehingga kehilangan kontak dengan keluarganya hingga saat ini.

Dari peristiwa pilu tersebut, banyak Netizen yang penasaran dengan sungai Aare tersebut. Berikut kami rangkum fakta-fakta penting tentang sungai tersebut.

Baca Juga: Terkendala Sungai Keruh Karena Lelehan Salju, Petugas Kesulitan Melakukan Pencarian Eril

  1. Memiliki Kualitas Air Sangat Baik

Sungai Aare disebut memiliki kualitas air yang sangat baik, hal itu telah dikonfirmasi oleh Uni Eropa yang mengambil sampel air dari sungai tersebut sehingga menempatkan sungai tersebut dalam kategori "kualitas sangat baik" pada 2016 silam. Sehingga tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menelan air sungai tersebut ketika kita berenang di sana.

  1. Bisa Dijadijan Arena Arung Jeram

Selain untuk berenang, Sungai Aare juga dapat untuk dijadikan destinasi kegiatan arung jeram. Rekor dunia untuk olahraga arung jeram di Sungai Aare dibuat di Bern pada 2012 silam. Rekor tersebut diberikan saat 1.268 orang secara bersamaan mengarungisungai tersebut dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz.

  1. Sumber Listrik untuk Kereta Gantung

Diluncurkan pada tahun 1885, Kereta Marzilibhan menghubungkan distrik Marzili di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan pusat Kota Bern. Kereta Marziibhan merupakan kereta terpendek di Swiss dengan penjang 105 meter.

Baca Juga: Anak Sulungnya Hilang Kontak di Sungai Aare, Ridwan Kamil Telah Tiba di Swiss

  1. Warisan Budaya tak Benda Milik Swiss

Unesco menetapkan bahwa berenang di Sungai Aare termasuk kedalam daftar tradisi pada 2017 silam. Karenanya, Sungai Aare merupakan bagian dari warisan budaya tak benda milik Swiss.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X