• Selasa, 7 Februari 2023

Jangan Sampai Terlewat, Ini Niat Puasa Nisfu Syaban 2022, Doa dan Keutamaan

- Kamis, 17 Maret 2022 | 09:36 WIB
Puasa Malam Nisfu Syaban 2022 (pixabay.com)
Puasa Malam Nisfu Syaban 2022 (pixabay.com)

Jatengpost.com - Puasa Nisfu Syaban 2022 yang jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 menjadi salah satu amalan sunnah yang istimewa bagi umat Islam.

Sebab dengan menjalankan beberapa amalan, setiap musim akan mendapat pahala berlipat ganda yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Nisfu Syaban merupakan malam pertengahan bulan Syaban, dan diperingati setiap tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Hijriyah.

Baca Juga: Pendeta Saifudin Ibrahim Minta Menag Hapus 300 Ayat Al-Qur'an

Pada malam Nisfu Syaban pula salah satu persitiwa bersejarah bagi umat Islam terjadi. Peristiwa tersebut adalah diubahnya arah kiblat yang semula dari Masjidil Aqsa ke arah Ka’bah.

Menurut Lembaga Falakiyah PBNU, Nisfu Syaban kali ini jatuh pada 18 Maret 2022 sebagaimana tertera dalam Surat Pengumuman Nomor 005/LF-PBNU/III/2022 yang ditandatangani pada 3 Maret 2022.

Saat malam Nisfu Syaban tiba, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan sunah mulai dari puasa, membaca Al-Qur'an dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Atta Halilintar Akui Kecipratan 'Harta Panas' Doni Salmanan

“Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Syaban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (H.R. Ibnu Majah dan Ath-Thabrani; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Halaman:

Editor: Hadi Mulyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X