• Kamis, 8 Desember 2022

Siaran TV Analog Disuntik Mati, Simak Cara Lengkap Mengalihkan TV Analog ke TV Digital

- Kamis, 3 November 2022 | 14:28 WIB
Siaran tv analog mulai disuntik mati, simak lenjelasan lengkap mengalihkan tv analog ke tv digital
Siaran tv analog mulai disuntik mati, simak lenjelasan lengkap mengalihkan tv analog ke tv digital

Jatengpost.comKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengultimatumkan penghentian siaran TV analog paling lambat hingga 2 November kemarin. 

Hal tersebut diatur dalam pasal 60A, Undang-undang No. 32 tahun 2022 tentang Penyiaran melalui Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sebagai ganti penghentian siaran TV analog, masyarakat diminta pindah ke TV digital.

Lantas, apa sebenarnya perbedaan tv analog dan tv digital yang akhir-akhir ini kerap diperbincangkan? Dikutip dari Kompas.com, siaran televisi analog adalah siaran televisi yang dipancarkan dengan menggunakan variasi voltase dan frekuensi dari sinyal.

Baca Juga: Review Film Perempuan Bergaun Merah, Apakah Akan Sama dengan Plot Datar Horor Lokal Lainnya?

Perbedaan tv analog dan tv digital adalah sinyal yang dipancarkan dari kedua siaran tersebut. Siaran tv analog ditransmisikan dengan gelombang radio sehingga kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan letak geografisnya.

Komposisi yang ditampilkan dalam siaran tv analog juga tidak beragam. Sebaliknya, siaran tv digital ditransmisikan sebagai bit data informasi, seperti data komputer.

Sinyalnya terdiri dari 1 dan 0. Kode binari itulah yang kemudian diterjemahkan sebagai gambar dan suara. Kelebihan siaran tv digital adalah tidak adanya potensi kehilangan sinyal secara bertahap lantaran jarak dari pemancar meningkat.

Baca Juga: Dua Oknum Tenaga Kesehatan Digerebek Warga Sedang Berbuat Mesum Di Puskesmas, Tertangkap Basah Tanpa Busana

Namun, dengan dialihkannya siaran TV analog ke digital, pelanggan TV analog mulai kebingungan. Apakah televisinya bisa digunakan lagi atau tidak?

Tenang, TV analog tetap bisa digunakan karena bisa diubah ke siaran televisi digital. Melansir Indonesiabaik.id, berikut ini cara mengubah TV analog ke digital.

Halaman:

Editor: Anjas Jazuli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fitur, Varian dan Daftar Harga Honda WR-V

Kamis, 3 November 2022 | 01:12 WIB

Hasil UEL PSV 2-0 Arsenal: 3 Kali Goal PSV Dianulir

Jumat, 28 Oktober 2022 | 03:14 WIB

Bocoran Spesifikasi E01, Motor Listrik Milik Yamaha

Selasa, 25 Oktober 2022 | 23:27 WIB

Terungkap! ini Alasan Kenapa WhatsApp Down

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:58 WIB

Terpopuler

X