• Senin, 5 Desember 2022

Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:28 WIB
Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana (Pexels.com/pixabay)
Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana (Pexels.com/pixabay)

Panel tenaga surya merupakan salah satu alat atau media yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi sumber tenaga listrik alternatif. alat ini sangat bergantung pada photovoltaic yang berfungsi untuk menyerap energi matahari.

Seiring berjalannya waktu kebutuhan listrik harian pastinya selalu meningkat karena jumlah populasi manusia pun sudah semakin banyak. Krisis listrik pun menjadi masalah yang harus dihadapi oleh masyarakat dunia.

Masalah listrik tentunya menjadi salah satu ancaman yang akan menghadang masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya keterbatasan sumber daya alam dalam memproduksi energi listrik untuk kebutuhan semua orang.

Beralih ke energi alternatif yang ramah lingkungan seperti sistem panel surya tentunya sudah bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Akan tetapi sebelum Anda menggunakan sistem panel surya, ada baiknya mengenali cara kerja panel surya secara sederhana terlebih dahulu.

Cara Kerja Panel Surya

Saat ini sistem panel surya sudah semakin populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Akan tetapi, banyak orang yang masih belum mengetahui cara kerja dari alat untuk mengubah cahaya matahari menjadi tenaga listrik ini.

Berikut ini adalah beberapa cara kerja yang dimiliki oleh panel surya dalam menghasilkan energi listrik alternatif.

Hal yang Terjadi di Dalam Sistem Panel Surya

Panel surya mampu memproduksi energi selama puncak penyinaran terjadi. Kurang lebih setiap harinya waktu penyinaran sendiri terjadi sekitar 5 jam per harinya dengan variasi sekitar 30%.

Variasi tersebut pastinya sangat dipengaruhi oleh pemilihan lokasi, iklim, dan lain-lain. Produksi panel surya terbesar di Indonesia sendiri berada di NTT, NTB, dan sebagian wilayah Papua. Sementara produksi terkecil terdapat di Jakarta dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Amin Aulawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bocoran Spesifikasi E01, Motor Listrik Milik Yamaha

Selasa, 25 Oktober 2022 | 23:27 WIB

Terungkap! ini Alasan Kenapa WhatsApp Down

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:58 WIB

Terpopuler

X