• Selasa, 28 Juni 2022

Bantahan Kepala BPS Jawa Tengah Soal Narasi Jateng Termiskin di Jawa: Menyesatkan!

- Kamis, 31 Maret 2022 | 10:46 WIB
Bantahan Kepala BPS Jawa Tengah Soal Narasi Jateng Termiskin di Jawa: Menyesatkan! (Istimewa)
Bantahan Kepala BPS Jawa Tengah Soal Narasi Jateng Termiskin di Jawa: Menyesatkan! (Istimewa)

Jatengpost.comKepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah (Jateng), Adhi Wiriana, menanggapi pemberitaan yang beredar yang menyatakan Jateng sebagai provinsi paling miskin di pulau Jawa.

Menurut Adhi, berita tersebut tidak benar. Pasalnya, untuk menghitung angka kemiskinan, tidak hanya didasarkan tingkat produk domestik regional bruto (PDRB) Perkapita saja.

"Menurut saya, terkait pemberitaan hari ini yang menyatakan PDRB Perkapita daerah Jateng menjadi termiskin, merupakan berita hoaks," jelas Adhi, dalam keterangan pers yang diterima Jatengpost.com, Rabu (30/3).

Baca Juga: Dinilai Inspiratif, Ganjar Pranowo Bakal Dijadikan Nama Hutan Bambu di Bali

Adhi pun membeberkan beberapa data mengenai PDRB Perkapita atau pendapatan rata-rata penduduk Jawa Tengah di tahun 2021.

Menurutnya, PDRB Perkapita Jateng tahun 2021 sebesar Rp38,67 juta pertahun. Artinya, jika Rp38 juta dibagi rata-rata 12 bulan maka menghasilkan angka Rp3,222.500.

Angka tersebut menurut Adhi jauh di atas Upah Minimum Regional (UMR) yang ditentukan Pemrpov Jateng.

Baca Juga: Sebut Corona Masih Ada, Ganjar Minta Warga Jateng Tidak Gelar Buka Puasa Bersama

Adhi menjelaskan, meski angka kemiskinan di Jateng mencapai 11,25 yang mana lebih tinggi dari angka kemiskinan nasional yang mencapai 9,71 persen, namun hal tersebut tidak membuat Jateng jadi termiskin di Jawa.

Halaman:

Editor: Amin Aulawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X